ciri sapi simental

Kenali Ciri Ciri Karakteristik dan Keunggulan Dari Sapi Simental

Berikut ini kami sampaikan penjelasan singkat mengenai ciri ciri karakteristik dan keunggulan dari sapi simental yang banyak dikembangkan oleh peternak.

Sapi simental merupakan salah satu jenis sapi pedaging yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Para peternak Indonesia lebih mengenalnya dengan nama sapi metal. Adapun asal muasal dari sapi ini ialah dari lembah sungai Simme yang terletak di Bernese Oberland, Kanton Bern, negara Swiss.

Sapi simental memiliki keunggulan yaitu mudahnya dalam pemeliharaan dan terkenal jinak bila di bandingkan dengan sapi pedaging yang lainnya.

Ciri ciri dan keunggulan lainnya dari sapi simental ini adalah memiliki pertambahan berat badan dan pertumbuhan yang sangat cepat. Dengan berbagai macam keunggulan dari sapi simental ini, banyak peternak yang menjual anakan sapi dengan harga yang cukup tinggi kepada calon pembelinya.

Hal ini tentunya berbanding lurus dengan apa yang diperoleh oleh peternak, dengan pertumbuhan dan pertambahan berat badan yang cepat maka akan memperoleh anakan sapi dengan harga tinggi. Tentunya para pembeli juga akan mendapatkan keuntungan dengan pertambahan berat badan yang cepat dari sapi metal ini.

Kenali Ciri ciri Karakteristik dan Keunggulan Sapi Simental

keunggulan simental
Keunggulan sapi metal

Meskipun sudah banyak orang yang mengetahui ciri ciri karakteristik dan keunggulan dari sapi simental ini, namun ternyata masih banyak juga orang yang belum mengetahuinya.

Karena sapi simental ini sangat terkenal dengan keunggulannya dalam menghasilkan daging (ternak pedaging) saja. Padahal, kenyataannya tidaklah demikian. Karena sapi simental ini juga memiliki keunggulan dalam menghasilkan susu.

Nah, inilah ciri ciri dan karakteristik dari sapi simental yang jarang diketahui banyak orang. Tentunya keunggulan dari sapi simental ini membuatnya tergolong dalam ternak dwi guna yang artinya adalah bisa menjadi ternak potong maupun ternak penghasil susu.

Tapi karena pertumbuhan berat badannya yang begitu pesat, maka banyak peternak yang menganggap jika sapi simental ini merupakan ternak potong penghasil daging saja. Banyak peternak yang tidak memfokuskan sapi metal ini untuk menjadi ternak perah penghasil susu.

Adapun ciri ciri karakteristik lainnya dari sapi simental ini antara lain berat sapi jantan yang bisa mencapai 1150 kilogram sedangkan untuk sapi betina bisa mencapai 800 kilogram. Simental ini merupakan jenis sapi yang berasal dari daerah dengan iklim yang dingin (sejuk) dan termasuk sapi penghasil daging tipe besar.

Karakteristik dari sapi simental lainnya yaitu memiliki ukuran rumen yang besar, metabolic rate yang teratur dan kemampuan mengkonsumsi pakan yang melebihi kebutuhan dasarnya (voluntary intake tinggi).

Ciri ciri Karakteristik dan Keunggulan Lainnya Dari Sapi Simental

keunggulan sapi simental
keunggulan sapi simental

Selain ciri ciri karakteristik dan keunggulan dari sapi simental yang sudah kami sebutkan, sebenarnya masih ada beberapa ciri karakteristik dan kelebihan dari sapi simental ini yang wajib diketahui oleh peternak. Agar semakin memahaminya, silahkan simak ulasan berikut ini:

  1. Memiliki warna bulu coklat kemerahan (merah bata).
  2. Postur tubuh panjang, padat berisi dan kompak.
  3. Terdapat bulu berwarna putih pada bagian muka, lutut dan juga ujung ekor.
  4. Berat badan sapi jantan dewasa bisa mencapai 1.400 kilogram dan betina dewasa bisa mencapai 600 sampai dengan 800 kilogram.
  5. Memiliki pertumbuhan berat badan harian yang tinggi yaitu 1,5 sampai dengan 2,1 kilogram.

Keunggulan dari Sapi Simental

keunggulan sapi metal
keunggulan sapi metal

Setelah memahami beberapa ciri ciri dan karakteristik dari sapi simental ini, mari kita simak apa saja kelebihan dari sapi simental. Yuk langsung saja kita simak bersama.

  1. Salah satu kelebihan dari sapi simental adalah berat badan sapi yang sangat besar yaitu 1.400 kilogram dan dapat dijadikan sebagai ternak potong unggulan.
  2. Sapi ini memiliki metabolisme yang cepat. Oleh sebab itu, pertumbuhan berat badan hariannya bisa mencapai 2,1 kilogram. Maka tak heran jika banyak peternak yang berkeinginan untuk memelihara sapi ini.
  3. Kelebihan lainnya dari sapi simental ini adalah memiliki pembagian antara lemak dan dagingnya. Yang mana persentase lemak jauh lebih sedikit dari pada persentase dagingnya. Oleh sebab itu, persentase karkas yang dihasilkan dari sapi simental ini sangat baik. Dengan begitu, sapi ini juga sangat cocok untuk dikembangkan menjadi ternak potong maupun ternak perah.

Sebagaimana kita ketahui bahwa permintaan akan ketersediaan daging di Indonesia sangatlah tinggi. Dengan melihat ciri ciri karakteristik dan keunggulan dari sapi simental yang begitu baik ini, tentunya ternak ini sangat potensial untuk dibudidayakan oleh para peternak.

Apalagi kebutuhan daging ini belum sepenuhnya terpenuhi. Tak heran jika pemerintah selalu kekurangan stok daging dan mengimpor daging yang berasal dari luar negeri. Melihat fakta ini, tentunya menjadi sebuah peluang yang sangat menguntungkan bagi peternak Indonesia.

metal
sapi metal

Meskipun sapi simental ini memiliki kelebihan berupa pertumbuhan berat badan yang cepat, namun hal ini juga perlu mendapatkan dukungan pakan (nutrisi) yang mencukupi. Tanpa adanya asupan nutrisi yang baik, tentunya produktivitas ternak juga kurang maksimal. Selain pakan, waktu pemberian pakan juga harus menjadi perhatian peternak. Jika kedua faktor ini dapat berjalan beriringan, pastinya akan tercipta produk ternak yang optimal.

Baca Juga :

Akhir Kata

Mungkin hanya itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai ciri ciri karakteristik dan keunggulan dari sapi simental. Meskipun pada dasarnya sapi metal ini sudah memiliki karakteristik yang sangat baik, namun peternak juga harus tetap menerapkan manajemen pemeliharaan yang baik pula guna mendapatkan hasil yang optimal. Terima kasih.

Tim goletsinfo.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: